Minggu, 18 April 2010

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Apa Itu Jaringan Komputer ???

Dalam bahasa yang populer dapat dijelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer (dan perangkat lain seperti printer, hub, dan sebagainya) yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara. Media perantara ini bisa berupa media kabel maupun media tanpa kabel (nirkabel).

Untuk memudahkan memahami jaringan komputer, para ahli kemudian membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klasifikasi, diantaranya:
v     Berdasarkan area atau skala
v     Berdasarkan media penghantar
v     Berdasarkan fungsi

1 .   Berdasarkan Area
Berdasarkan skala atau area, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
  • LAN (Lokal Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)
  • Internet (Interconnection Network) 

1.1  LAN (Lokal Area Network)
       Local Area Network adalah jaringan local yang dibuat pada area tertutup. Misalkan dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. Kadangkala jaringan local disebut juga jaringan privat. LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil yang menggunakan resource bersama-sama, seperti penggunaan printer bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama. 

Gambar 3.1 LAN (Local Area network)

1.2  MAN (Metropolitan Area Network)
       Metropolitan Area Network menggunakan metode yang sama dengan LAN namun daerah cakupannya lebih luas. Daerah cakupan MAN bisa satu RW, beberapa kantor yang berada dalam komplek yang sama, satu kota, bahkan satu propinsi. Dapat dikatakan MAN merupakan pengembangan dari LAN.
 Gambar 3.2 MAN (Metropolitan Area Network)


1.3  WAN (Wide Area Network)
      Wide Area Network cakupannya lebih luas daripada MAN. Cakupan WAN meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan satu benua. Metode yang digunakan WAN hampir sama dengan LAN dan MAN.
 Gambar 3.3 WAN (Wide Area Network)
  
1.4  Internet (Interconnection Network)
      Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia. Sehingga cakupannya sudah mencapai satu planet. Koneksi antarjaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan protokol, yaitu Internet Protokol (IP).
           
Tabel 3.1 Jaringan Komputer Berdasarkan Area
Jarak/ cakupan (meter)
Contoh
Jenis
10 s/ d 100
Ruangan
LAN
100 s/ d 1000
Gedung
LAN
1000 s/ d 10.000
Kampus
LAN
10.000 s/ d 100.000
Kota
MAN
100.000 s/ d 1.000.000
Negara
WAN
1.000.000 s/ d 10.000.000
Benua
WAN
> 10.000.000
Planet
Internet

2.  Berdasarkan Media Penghantar
     Berdasarkan media penghantar, jaringan computer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Wire Network
  • Wireless Network

2.1  Wire Network               
       Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jadi, data mengalir pada kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasanya menggunakan bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan sejenis fiber optis atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkan untuk MAN atau WAN menggunakan kabel tembaga dan serat optic.

2.2  Wireless Network
       Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang radio. Saat ini sudah semakin banyak outlet atau lokasi tertentu yang menyediakan layanan wireless network. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan akses internet tanpa kabel. Frekuensi yang digunakan gelombang radio untuk jaringan komputer biasanya menggunakan frekuensi tinggi, yaitu 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Dalam penulisan ini dibahas mengenai Wifi sebagai bagian wireless network yang memanfaatkan frekuensi gelombang radio.

3.  Berdasarkan Fungsi  
     Berdasarkan fungsinya, jaringan computer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Peer to peer
  • Client server
3.1  Peer to peer
       Peer to Peer adalah jaringan komputer di mana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan access dari/ ke komputer lain. Sistem operasi jaringan model ini tidak mempunyai sebuah file server atau sumberdaya terpusat, seluruh komputer mempunyai kemampuan yang sama untuk memakai sumber daya yang tersedia di jaringan.

3.2    Client server
       Client Server adalah jaringan komputer yang salah satu (boleh lebih) komputer difungsikan sebagai server induk atau induk bagi komputer lain. Server melayani komputer lain yang disebut client. Layanan yang diberikan bisa berupa akses Web, email, file, atau yang lain. Client dapat mengambil sumber daya yang ada pada server.

Referensi : Fathurohim,Muhamad., Analisis Jaringan Wifi pada PT. Telkom Gambir, Universitas Gunadarma, Depok, 2009.